Untuk bisa menjalankan bisnisnya, para pemilik usaha membutuhkan modal. Modal bisa diperoleh lewat berbagai cara. Mulai dari modal kantong pribadi, pinjaman bank hingga securities crowdfunding atau biasa disingkat SCF yang akan kita bahas secara lengkap dalam artikel ini.

Apa sebenarnya SCF itu? Bagaimana cara kerjanya? Apa yang bisa kamu lakukan untuk berinvestasi lewat SCF? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini!

Apa Itu Securities Crowdfunding (SCF)?

Dilansir dari situs resmi Sikapi Uangmu OJK, SCF merupakan salah satu opsi pendanaan yang bisa digunakan oleh pengusaha, terutama dalam sektor UKM dan UMKM. Securities crowdfunding atau SCF adalah metode pengumpulan modal berupa dana yang dilakukan secara patungan (urun dana). Pebisnis melakukan urun dana untuk memodali kegiatan bisnis maupun mengembangkan bisnisnya.

Orang yang ikut serta dalam pengumpulan dana ini disebut sebagai pemodal. Nantinya mereka akan mendapatkan surat perjanjian khusus yang isinya berkaitan dengan perolehan hak atau imbal balik dari aktivitas pendanaan tersebut. Perolehan besaran keuntungan pemodal berbeda-beda dan umumnya akan ada notifikasi pada saat awal proyek urun dana berlangsung.

Bagaimana Cara Kerja Securities Crowdfunding (SCF)?

Cara kerja securities crowdfunding atau SCF berbeda-beda, tergantung dari sisi mana kamu ingin memanfaatkannya. Kalau kamu ingin menjadi penerbit (penerima modal) langkah yang dilakukan berbeda dengan pemberi modal. 

Untuk mendapatkan modal, pertama-tama kamu harus menemukan platform SCF yang sesuai dengan bisnismu. Jika bisnis yang kamu jalankan di bidang pengembangan properti, kamu bisa mengajukan proyek secara administrasi terlebih dahulu platform SCF yang bergerak di bidang pendanaan proyek properti yakni Propertree.

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan setelah lolos administrasi adalah:

  • Melakukan presentasi proyek ke pihak Propertree secara langsung
  • Tim Propertree akan melakukan survei kelayakan proyek secara langsung dan melihat potensi pasar, prospek lokasi hingga perizinan
  • Menjalani penilaian dari komite pendanaan
  • Masuk listing di Propertree dan siap menunggu pemodal mendanai.

Bagi kamu yang ingin menjadi pemodal, kamu bisa mendanai berbagai proyek properti yang sudah masuk listing di Propertree. Langkah-langkahnya adalah:

  • Daftarkan diri, lengkapi informasi pribadimu termasuk rekening bank dan KTP. Setelah melakukan verifikasi data, kamu bisa mulai melakukan pendanaan
  • Pilih proyek yang ingin kamu danai. Jangan lupa pelajari kesesuaian setiap proyek dengan tujuan keuanganmu sebelum melakukan pendanaan
  • Danai proyek yang sudah kamu pilih dan dapatkan keuntungan sesuai perjanjian saat proyek sudah selesai.

Perkembangan Securities Crowdfunding di Indonesia

Perkembangan Securities Crowdfunding di Indonesia

Secara umum, crowdfunding atau sistem urun dana sudah muncul di Indonesia pada tahun 2012. Kebanyakan proyek urun dana saat itu menggunakan dana untuk membantu korban bencana, pasien berpenyakit berat yang tidak memiliki biaya atau masyarakat miskin dengan tujuan sosial non-profit.

Kemudian Otoritas Jasa Keuangan menerbitkan aturan mengenai urun dana berbasis teknologi lewat POJK Nomor 57/POJK.04/2020 terkait Penawaran Efek Melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi Informasi. Sejak saat itu, berbagai perusahaan penyelenggara layanan urun dana berbasis teknologi informasi terus bermunculan dengan berbagai tujuan termasuk pembiayaan UMKM dan bisnis properti, salah satunya adalah Propertree.

Keuntungan dan Tips Investasi SCF

Bagi para pengusaha, adanya platform securities crowdfunding (SCF) tentu memberikan keuntungan tersendiri. Akses terhadap permodalan menjadi terbuka lebih luas. Di tengah akses pinjaman yang semakin sulit ke lembaga perbankan, kehadiran SCF jadi opsi sumber modal yang tidak kalah menguntungkan.

Bagi para pemilik modal, SCF menjadi salah satu instrumen yang bisa memperkaya portofolio investasi. Bagi kamu yang sedang ingin memperluas jenis instrumen investasi, SCF bisa jadi opsi yang tidak kalah menjanjikan.

Jika kamu ingin berinvestasi dalam SCF, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Apa saja?

  • Pilih perusahaan apa yang ingin kamu danai. Ada banyak jenis SCF yang bisa kamu temukan. Mulai dari pendanaan UMKM sampai pengembangan properti. Pilih yang paling cocok dengan kondisi dan tujuan keuanganmu
  • Temukan platform SCF yang tepercaya dan berizin. Propertree.id sebagai platform securities crowdfunding di bidang properti sudah resmi tercatat di OJK sejak tahun 2019
  • Pelajari dengan baik setiap proyek yang ingin kamu danai. Di Propertree.id, kamu bisa memilih untuk mendanai proyek residensial, konstruksi hingga kawasan komersial seperti restoran hingga pertokoan. Cari tahu secara lengkap berapa besaran return serta bagaimana tahap pengembaliannya
  • Setelah mantap dengan proyek pilihanmu, saatnya alokasikan dana. Jangan lupa untuk melacak secara berkala progress proyek yang kamu danai.

Sebagai salah satu opsi investasi, securities crowdfunding sangat layak kamu jadikan pilihan. Cek informasi selengkapnya di situs Propertree.id atau unduh aplikasinya lewat Google Play dan AppStore, ya!