Di zaman yang penuh dengan kebutuhan dan keperluan, memiliki income yang “cukup” untuk memenuhi seluruh kebutuhan tentu saja adalah hal yang diimpikan setiap orang. Ternyata selain penghasilan yang berasal dari gaji bulanan, kamu membutuhkan pemasukan lainnya agar bisa melakukan investasi atau menabung. Kamu bisa mencari pekerjaan sambilan atau berinvestasi sehingga bisa menghasilkan passive income

Apa sih passive income?

Passive income adalah pendapatan yang diperoleh secara teratur lewat pekerjaan yang hanya membutuhkan sedikit atau bahkan tidak membutuhkan usaha sama sekali di tiap harinya. Berbeda dengan active income yang membutuhkan kerja konsisten setiap harinya, passive income hanya membutuhkan usaha di awalnya saja. Kamu  bisa menghasilkan passive income dari berbagai macam sumber, bisa dari sewa properti, kemitraan terbatas, atau perusahaan lain di mana seseorang tidak terlibat secara aktiBerikut 4 keuntungan memiliki passive income. 

  • Nilai usaha meningkat

    Dengan kamu memiliki passive income, kamu memungkinkan memiliki aset dan nilai usaha yang terus menanjak seiring berjalannya waktu. Berdasarkan kemampuan dan pengetahuan masing-masing dalam mengelola risiko, bisa jadi modal awal yang kamu investasikan bisa berkembang puluhan kali lipat di kemudian hari.

  • Menikmati hasil yang berlipat

    Banyaknya sumber passive income yang kamu miliki, kamu bisa dengan mudah mendapatkan penghasilan yang berlipat. Kamu bisa menikmati hasil usaha dari berbagai macam bidang yang kamu sukai dengan hasil yang banyak. Menarik bukan?

  • Mengurangi kecemasan di masa depan

    Indonesia diramalkan menghadapi resesi tahun depan. Dengan memiliki passive income, kamu akan lebih siap dan tenang menghadapi berbagai kondisi perekonomian Indonesia. Tidak ada kecemasan jika tidak akan menghasilkan uang karena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) lantaran kamu sudah mempersiapkan income yang lain lewat passive income

  • Berpenghasilan tanpa bekerja aktif dalam usaha

    Kalau kamu menginvestasikan uang pada saham, reksa dana, atau bisnis lainnya sesuai dengan ketertarikanmu, kamu akan menghasilkan uang lewat passive income meski saat tidur sekalipun. Kamu tidak perlu bekerja aktif pada usaha tersebut, tetapi mampu menikmati hasilnya.

Sudahkah kamu mengalokasikan dana untuk ditempatkan pada instrumen investasi yang membuatmu menghasilkan passive income?