Investasi properti adalah salah satu jenis penanaman modal yang dianggap paling menguntungkan karena harganya yang terus meningkat setiap. Selain untuk investasi jangka panjang, asset properti juga bisa dijadikan sebagai hunian tempat tinggal seperti rumah dan apartemen. 

Alasan Investasi Properti Menguntungkan

  1. Harga yang terus naik setiap tahunnya

    Siapa yang tidak tahu kalau harga tanah dan bangunan terus naik setiap tahunnya tanpa kecuali. Hal ini terjadi lantaran permintaan yang juga terus meningkat, tetapi lahan semakin menurun. Bahkan kenaikan harga properti ini melebihi inflasi tahunan loh!

  2. Jenis investasi jangka panjang

    Mengingat harga properti yang selalu naik setiap tahunnya, membuat investasi properti menjadi investasi jangka panjang yang menguntungkan. Memiliki investasi di bidang properti bisa membuat kamu memiliki passive income yang terus mengalir dengan harga yang meningkat.

  3. Ada bentuknya sebagai aset

    Dari beragam jenis investasi lain, misalnya reksa dana, saham, obligasi, sukuk, dll, investasi properti lah yang terlihat bentuknya berupa gedung sehingga bisa dinamakan sebagai aset.

  4. Bisa menjadi agunan pinjaman

    Lantaran bentuknya sebagai aset, kamu bisa menjadikan properti yang kamu miliki sebagai jaminan untuk mengajukan pinjaman ke bank loh! Bank akan lebih mudah memberi pinjaman karena aset kamu terlihat berupa properti.

  5. Memiliki potensi arus kas rutin

    Kamu bisa dengan mudah menyewakan properti yang kamu miliki kepada yang ingin menyewa. Hasil sewa bulanan atau tahunan dari properti ini bisa kamu gunakan untuk melunasi cicilan pinjaman kamu ke bank loh!

  6. Bisa menggunakan modal dari pihak lain

    Kalau kamu tidak memiliki cukup uang sebagai modal untuk membeli properti, kamu bisa menggunakan modal dari pihak lain, dalam hal ini bank misalnya sebagai pemberi pinjaman. Kamu cukup mengeluarkan modal 20 – 30 persen dari harga beli, pihak bank yang akan melunasinya dan kamu bisa mencicil sisanya ke bank.

Kalau kamu memiliki rencana investasi jangka panjang kedepannya, mulailah belajar investasi di bidang ini agar mendapatkan keuntungan yang maksimal dan membuat masa pensiunmu lebih tenang.