Banyak mitos dan fakta seputar investasi di masyarakat. Seseorang yang akan berinvestasi biasanya akan melakukan riset. Seperti, mempelajari laporan keuangan perusahaan, kinerja perusahaan, track record atau portofolio, keadaan ekonomi, risiko, ulasan tentang keuangan, dan lain-lain.

Para investor melakukan riset dengan tujuan agar bisa mendapatkan profit yang sesuai dengan harapan. Dari riset tersebut banyak mitos dan fakta yang akan kamu ketahui seputar investasi. Tidak hanya dunia mistis yang memiliki mitos, di dunia investasi juga ada mitos yang perlu kamu ketahui!

Mitos dan Fakta Seputar Investasi 

1. Memiliki Resiko Besar

Tindakan yang kita lakukan pasti memiliki resiko begitu juga dengan investasi. Salah satu mitos yang umum adalah investasi memiliki risiko yang besar. Maka dari itu, sebaiknya sebelum berinvestasi wajib hukumnya untuk mencari tahu profil risiko dari masing-masing instrumen yang kamu pilih.

High Risk, High Return” adalah fakta bahwa semakin tinggi return yang kamu dapatkan, biasanya semakin tinggi juga risikonya.Risiko yang dimaksud, yaitu nilai investasi kamu dapat naik dan turun di waktu yang relatif singkat sehingga untuk meredam risiko tersebut, kita perlu berinvestasi dengan jangka waktu yang lebih panjang.

2. Mitos Terlalu Rumit

Banyak sebagian orang yang masih beranggapan bahwa investasi itu sulit dilakukan karena prosesnya yang rumit. Padahal kenyataannya saat ini teknologi sudah memudahkan semua orang dalam mengakses produk investasi. 

Sudah banyak platform investasi digital yang memberikan fitur kemudahan untuk melakukan investasi. Produk investasi yang cocok untuk pemula adalah reksadana pasar uang yang memiliki risiko rendah. 

3. Butuh Modal Banyak

Sebagian orang banyak yang menunda investasi karena belum memiliki modal yang banyak. Sebenarnya modal yang dibutuhkan untuk berinvestasi memang bermacam-macam tergantung instrumen investasi yang dipilih. 

Buat kamu para pemula yang ingin mencoba investasi, kamu bisa memulai investasi dengan membeli produk reksa dana pasar uang yang tidak memerlukan modal besar.

4. Investasi Seperti Berjudi

Mitos ini bisa ditepis karena memang berjudi dan investasi adalah hal yang sangat berbeda. Mitos investasi ini berkembang karena banyak orang berinvestasi jangka pendek, tetapi mengharapkan return yang tinggi. 

Padahal faktanya, investasi saham termasuk investasi jangka panjang yang dalam jangka waktu pendek, hasil investasinya bisa sangat volatile (tidak pasti). Potensi return tinggi akan lebih terukur jika berinvestasi dengan jangka waktu yang lebih lama. 

5. Emas Investasi Paling Untung

Salah satu jenis investasi yang digemari oleh masyarakat karena dianggap paling menguntungkan. Tapi, perlu kamu ketahui bahwa harga emas pun sama fluktuatifnya dengan nilai saham. 

Ada banyak faktor yang mempengaruhi naik turunnya harga emas, seperti kurs rupiah terhadap dolar, harga emas dunia, inflasi, dan kondisi pasar. 

Nah, itulah beberapa mitos dan fakta yang bisa kamu perhatikan sebelum berinvestasi. Dengan mengetahui informasi tersebut, kamu bisa lebih yakin dan berhati-hati dalam melakukan investasi.