Sudah menjadi rahasia umum bahwa investasi emas adalah investasi jangka panjang yang cukup menguntungkan. Pasalnya, investasi emas ini sudah terjadi ribuan tahun, loh! Baik dalam bentuk emas batangan maupun perhiasan. Seiring berkembangnya teknologi, kini kita dipusingkan dengan adanya jenis investasi emas baru selain investasi emas fisik, baik berupa batangan atau perhiasaan. Saat ini ada loh investasi emas digital. Kok  bisa?

Emas digital ini adalah salah satu instrumen investasi yang baru hadir berkat digitalisasi baru-baru ini. Emas digital adalah alternatif investasi emas tanpa harus melihat wujud langsung dari emas yang akan dibeli. 

Investasi emas digital dianggap lebih efisien dan hemat biaya lantaran pembeli emas sudah tidak perlu lagi membayar biaya tambahan, misalnya untuk ongkos kirim, untuk waktu antre pembelian, untuk sertifikasi, dll. Unit emas yang sudah dibeli ini disimpan oleh perusahaan dalam “brankas” atas nama pembeli, loh!

Perusahaan penyedia emas digital sudah menyediakan emas fisik atau batangan yang secara legalitas dan kemurniannya sudah diperiksa. Perusahaan tersebut akan menempatkan emas fisik ke dalam “lemari besi” atau “brankas”. Jadi jika sewaktu-waktu kamu ingin menukarkan emas digitalmu ke dalam bentuk fisik, hal tersebut sangat mungkin dilakukan. 

Mana yang paling menguntungkan; Investasi emas digital atau emas fisik?

Sesungguhnya pertanyaan ini tidak memiliki jawaban yang valid. Mengajukan pertanyaan ini sama saja seperti kamu disuruh memilih antara membaca buku digital atau buku fisik secara langsung. Jadi bisa disimpulkan bahwa pertanyaan tersebut tidak mempunyai jawaban pasti atas pilihan mana yang harus dipilih. Baik emas digital ataupun emas fisik, keduanya sama-sama memiliki nilai sebagai emas, sehingga investasi baik secara digital ataupun fisik sama-sama menguntungkan. 

Agar lebih menyeluruh dan tidak kebingungan lagi, kamu harus membuat daftar kekurangan atau kelebihan dari investasi emas secara digital dan fisik. Melalui daftar tersebutlah kamu akhirnya bisa mempertimbangkan jenis investasi emas apa yang paling cocok dengan kondisi keuangan kamu sekarang.

Kelebihan emas digital

  • Bisa investasi dalam jumlah kecil

    Ini adalah kelebihan utama investasi emas digital. Kamu tidak dikenakan batasan minimum pembelian emas. Berapa pun uangmu, bisa dikonversikan menjadi unit emas digital. Apabila kamu tipikal yang ingin membeli emas dalam jumlah yang kecil tetapi sering, emas digital adalah jawabannya.

  • Dapat ditukar dengan emas fisik

    Emas digital pada dasarnya bisa ditukar dengan emas fisik kapan saja. Tidak hanya itu, demi kemudahan yang bertambah, pembeli emas digital bahkan mampu mencairkan nilai emas digital yang dimiliki beserta dengan keuntungan investasi yang diperoleh dalam bentuk uang yang dikirimkan ke nomor rekening pemilik emas digital tersebut.

  • Aman

    Emas digital sesungguhnya memiliki wujud emas fisik yang disimpan dan diasuransikan secara aman oleh perusahaan penjualnya. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan kerampokan emas karena tanggung jawab keamanan berada pada penjualnya.

  • Bisa dijadikan jaminan

    Di era kecanggihan teknologi saat ini, kalau kamu mengajukan pinjaman, nilai investasi yang dimiliki oleh platform emas digital ternyata bisa dipakai untuk jaminan, loh!

  • Berkualitas

    Kalau kamu membeli emas di toko emas, ada kalanya kamu khawatir dengan keaslian emas tersebut. Tapi pada layanan emas digital, emas milikmu bisa dipastikan kualitasnya karena terjamin secara langsung oleh perusahaan penjualnya.

  • Update investasi dengan mudah

    Kamu dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai keuntungan dari nilai emasmu setiap saat. Biasanya perusahaan penjualnya sudah dilengkapi dengan aplikasi atau situs yang akan memperhitungkan hal tersebut.

  • Harga update

    Harga yang ditawarkan emas digital biasanya adalah harga update atau harga saat itu alias real time. Kamu dapat mengecek harga jual beli saat itu juga loh sehingga akan memudahkan kamu melakukan jual beli secepatnya.

Kelebihan emas fisik

  • Tahan inflasi

    Emas sejak dulu dikenal sebagai alat investasi yang mampu melindungi nilai kekayaanmu. Emas tidak akan terdepresiasi meskipun waktu terus berjalan. Bahkan emas yang kamu beli 10 tahun yang lalu, harganya akan meningkat tajam setelah 10 tahun kemudian.

  • Memiliki nilai intrinsik

    Lantaran selalu diminati, nilai intrinsik emas tidak akan luntur. Emas sebagai aset akan dengan mudah dijual kapan pun, bahkan saat krisis terjadi.

  • Bisa digunakan sebagai jaminan

    Emas bisa dipakai sebagai jaminan saat kamu melakukan pinjaman baik ke bank ataupun ke pegadaian karena nilainya yang memang benar-benar “bernilai”.

  • Bisa diwariskan

    Tentu saja ini adalah kelebihan emas fisik, yakni bisa diwariskan dari generasi ke generasi tanpa harus khawatir nilainya hilang.

Sudah bisa memutuskan ingin investasi emas digital atau emas fisik?