Hidup tenang dan bahagia merupakan impian banyak orang karena dapat membantu seseorang untuk merasa lebih nyaman dan menikmati hidupnya. Ketenangan dapat membantu seseorang untuk lebih fokus dan bekerja dengan efektif, sedangkan kebahagiaan dapat membantu seseorang merasa lebih bahagia dan positif terhadap hidupnya. Namun, mencapai kedua hal tersebut tidak selalu mudah, terutama di tengah tekanan dan tantangan yang sering dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

9 Kunci Hidup Tenang dan Bahagia

Berikut adalah beberapa kunci hidup tenang dan bahagia yang bisa kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Memiliki keuangan yang sehat

Tidak sulit untuk memiliki keuangan yang sehat, yang penting kamu memiliki komitmen untuk mewujudkannya, misalnya dimulai dengan  membuat alokasi gaji. 

Kamu bisa membuat alokasi gaji dengan presentase berikut: kebutuhan dan tagihan segari-hari sebesar 65%, dana darurat dan asuransi sebesar 10%, tabungan dan investasi sebanyak 10%, alokasi gaji untuk senang-senang sebesar 10%, dan donasi/sedekah sebanyak 5%.

2. Menjaga kesehatan

Merawat kesehatan tubuh dan pikiran merupakan hal yang sangat penting untuk hidup tenang dan bahagia. Carilah waktu untuk olahraga, makan makanan sehat, dan tidur cukup. Dengan menjaga kesehatan, kamu akan terbebas dari berbagai penyakit yang mengintai sehingga membuat hidupmu lebih tenang dan bahagia.

3. Menjadi optimis

Jangan terlalu memikirkan masalah yang tidak terselesaikan. Fokuslah pada hal-hal positif dan cobalah untuk melihat setiap masalah sebagai peluang belajar dan pengalaman. Dengan demikian kamu tidak akan terpuruk ketika mendapatkan masalah, tetapi mencoba untuk mengatasinya dengan baik tanpa banyak mengeluh.

4. Berpikir positif 

Jangan menyimpan pikiran negatif dan cobalah untuk berpikir positif terlepas dari situasi yang ada. Positif thinking dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan kebahagiaan. Kamu juga perlu mendekatkan dirimu dengan orangorang yang positif. Orang-orang yang positif dapat mempengaruhi pola pikir dan membantu kamu merasa lebih bahagia. Carilah teman-teman yang mendukung dan membantu kamu merasa lebih positif.

5. Mengambil waktu untuk beristirahat dan relaksasi

Jangan terlalu sibuk hingga tidak memiliki waktu untuk istirahat. Carilah waktu untuk relaksasi, seperti membaca buku, berjalan-jalan di alam, atau melakukan kegiatan yang menyenangkan. Dengan demikian, kamu bisa mengistirahatkan pikiranmu sehingga bisa menghadapi hari selanjutnya dengan lebih baik dan pikiran yang segar.

6. Memiliki tujuan hidup

Memiliki tujuan hidup yang jelas dapat memberikan kepuasan dan memberi makna pada kehidupan. Buat rencana untuk mencapai tujuan kamu dan fokuslah pada tindakan nyata untuk meraihnya. Tak perlu mengada-ada, kamu bisa mulai dengan membuat tujuan hidup jangka pendek yang sekiranya mudah dan bisa kamu raih ya!

7. Menghargai diri sendiri dan orang lain

Jangan mengabaikan kebutuhan diri sendiri dan jangan mengabaikan orang lain. Hargailah diri sendiri dan orang lain dan jangan merasa rendah diri atau merasa lebih baik dari orang lain. Jangan lupa terlalu sibuk dengan apa yang akan dikatakan orang lain atas dirimu, fokuslah pada tujuan hidupmu dan cara meraihnya dengan benar.

8. Menghargai keberagaman

Hargailah perbedaan yang ada di antara orang-orang yang Anda temui. Pendapat, agama, dan latar belakang yang berbeda dapat memberikan pemahaman yang lebih luas dan menyenangkan. Semua akan terasa menenangkan apabila kamu menerimanya dengan lapang dada dan tidak perlu mendebat semua hal yang berbeda prinsip denganmu. 

9. Menghargai waktu

Jangan terlalu sibuk dan jangan menunda-nunda kegiatan yang penting. Bangun tepat waktu dan jadilah tepat waktu dalam menyelesaikan tugas. Dengan demikian kamu tidak akan merasa stres diburu-buru oleh waktu saat mengerjakan tugas dan kegiatan lain dalam hidup kamu!