Belakangan ini, kita sering sekali mendapatkan berita mengenai banyaknya orang yang menjadi korban dalam mekanisme investasi bodong. Uang yang hilang pun tidak sedikit, bahkan sampai miliaran rupiah. Investasi bodong adalah jenis investasi yang tidak sah atau ilegal yang ditawarkan kepada masyarakat dengan janji imbal hasil yang tidak realistis atau tidak masuk akal. 

Penipuan Investasi yang belakangan menipu banyak orang dapat berupa penipuan, penggelapan dana, atau praktik keuangan ilegal lainnya yang mereka tujukan untuk mengelabui dan mengambil uang para investor. Sering kali juga menawarkan investasi melalui media sosial, internet, atau pertemuan pribadi dengan penjual yang tidak terdaftar.

Ciri-Ciri Investasi Bodong

Untuk bisa terhindar dari investasi yang menyesatkan dan merugikan ini, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Apabila kamu menemukan investasi dengan janji imbal hasil yang tidak realistis kamu harus berhati-hati, karena bisa jadi itu investasi bodong loh!

Investasi bodong seringkali tidak mengikuti aturan yang berlaku dari otoritas keuangan atau pemerintah sehingga tidak terdapat jaminan perlindungan bagi investor. Tidak hanya itu, penipuan investasi ini pun seringkali tidak menyediakan jaminan atau asuransi untuk melindungi dana investor.

Prinsip utama dalam berinvestasi adalah transparansi keuangan. Investasi bodong seringkali tidak transparan dalam memberikan informasi yang jelas kepada para investor, seperti struktur kepemilikan, manajemen, atau laporan keuangan. Selanjutnya apabila kamu menemukan metode pemasaran yang agresif, kamu harus menjaga jarak. Penipuan investasi seringkali ditawarkan melalui metode pemasaran yang agresif seperti telemarketing atau pertemuan pribadi dengan penjual yang tidak terdaftar.

Hal lain yang patut menjadi perhatian kamu adalah biasanya mereka akan meminta pembayaran sebelum melakukan investasi. Para pelaku investasi bodong ini bisa membawa kabur uang pembayaranmu begitu saja loh!

Baca selengkapnya: 7 Ciri Investasi Bodong!

Contoh Investasi Bodong 

Di Indonesia, para pelaku investasi bodong menjalankan beberapa mekanisme penipuan investasi. Pertama, Ponzi scheme. Ini adalah jenis penipuan investasi di mana operator menjanjikan imbal hasil yang tidak realistis kepada investor, tetapi sebenarnya hanya menggunakan dana yang mereka peroleh dari investor baru untuk membayar imbal hasil kepada investor lama.

Kedua, Penipuan valuta asing atau forex. Ini adalah jenis investasi bodong yang di mana operator menjanjikan keuntungan besar dari perdagangan valuta asing, tetapi sebenarnya tidak memiliki kompetensi atau kemampuan untuk melakukan perdagangan yang sukses.

Ketiga, Penipuan saham. Ini adalah jenis penipuan di mana operator menjanjikan keuntungan besar dari investasi saham, tetapi sebenarnya tidak memiliki informasi yang cukup atau tidak memiliki akses ke pasar saham yang sah.

Keempat, Penipuan properti. Ini adalah jenis investasi bodong ini terjadi di mana operator menjanjikan keuntungan besar dari investasi properti, tetapi sebenarnya tidak memiliki hak atas properti yang mereka jual atau tidak memiliki rencana yang jelas untuk pengembangan properti tersebut.

Namun perlu kamu ingat bahwa penipuan investasi bisa juga kamu temukan dalam berbagai bentuk yang berbeda, itu sebabnya sangat penting untuk selalu berhati-hati dan melakukan riset sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

Tips Menghindari Investasi Bodong 

Sebagai investor, kita harus lebih cermat dan berhati-hati dengan berbagai mekanisme penawaran investasi agar terhindar dari investasi bodong. Pastikan kamu jangan mudah tergiur dengan imbal hasil yang besar, tidak realistis, dan terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Sebagai investor, kamu harus memastikan bahwa kamu terlindungi oleh jaminan atau asuransi. 

Untuk lebih meyakinkan aspek keamanan dan kenyamanan kamu dalam berinvestasi, pastikan kamu bisa dengan mudah melakukan riset dan cek legalitas perusahaan. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kemudahan akses informasi mengenai struktur kepemilikan, manajemen, dan laporan keuangan perusahaan.

Kalau kamu sedang mencari investasi yang aman dan terpercaya, Koperasi Digital Propertree merupakan pilihan yang tepat. Propertree adalah Platform yang dikembangkan oleh Propertree Group yang menyediakan layanan simpanan melalui sistem koperasi jasa berbasis digital.

Koperasi Digital Propertree.id mendukung penuh digitalisasi koperasi Indonesia dan siap membentuk ekosistem bisnis modern yang sudah terintegrasi dengan teknologi informasi digital. Dengan demikian, siapapun akan mampu melakukan transaksi secara transparan, aman, dan mendapatkan keuntungan yang menjanjikan. 

Kamu bisa mempelajari Funding Terms Simpanan Berjangka di Koperasi Digital Propertree! Bergabunglah sekarang juga dan rasakan keuntungan investasi di platform ini. Tunggu apa lagi, daftarkan dirimu melalui aplikasi di Play Store dan juga sudah tersedia di App Store! Download sekarang!

 

Baca selengkapnya: Baiknya beli rumah atau bangun rumah?

Topics #investasi bodong #penipuan