Di zaman yang sekarang, kita seolah diwajibkan memiliki dana darurat sekian kali jumlah pengeluaran, memiliki dana Pendidikan untuk anak di masa depan, atau dana-dana lainnya. Untuk itu, diperlukan trik khusus agar mampu mengumpulkan uang untuk kebutuhan tersebut di masa mendatang. Adapun cara yang biasanya dipilih untuk menyiapkan dana kebutuhan di masa depan adalah dengan menabung.

Saat ini menabung sepertinya menjadi prioritas banyak orang. Bukan lagi menabung di celengan yah, tetapi menabung di tempat yang aman, misalnya di bank. Akan tetapi, menabung ternyata tidak mudah. Mengingat berkembangnya perekonomian Indonesia, godaan untuk berbelanja, atau banyaknya kebutuhan hidup sehari-hari. tak mengherankan jika ada banyak orang yang memiliki gaji bulanan, tetapi ludes di bulan itu juga tanpa ada tabungan. 

5 Cara Menabung Efektif Anti Gagal

Sebenarnya bagaimana cara menabung yang efektif agar segala target pendanaan di masa depan bisa tercapai?

  • Prioritas awal

    Banyak orang yang menabung hanya dengan menyisihkan uang sekadarnya saja. Padahal hal tersebut tidaklah tepat. Jika ingin cara menabung kamu efektif, hal yang harus dilakukan adalah dengan menjadikan tabungan sebagai prioritas awal. Artinya, kamu harus mengutamakan pos tabungan pasca menerima gaji. Pastikan kamu menyimpan uang minimal 10 persen dari pemasukan yang kamu miliki untuk pos tabungan ini.

    Uang yang kamu alokasikan untuk menabung jangan pernah diambil meski gajimu semakin menipis hingga pertengahan bulan. Dengan disiplin yang tinggi, kamu akan semakin konsisten untuk menabung dan tidak akan tergoda untuk memakai uang tabungan untuk kebutuhan yang tidak mendesak.

  • Gunakan rekening khusus

    Terkadang kamu mudah tergoda untuk mengambil uang tabungan karena kemudahan mengaksesnya. Untuk itu, penting bagimu untuk menyiapkan rekening khusus yang sekiranya bisa mengamankan tabunganmu dari godaan berbelanja secara instan. Buatlah rekening khusus untuk menabung, bedakan dengan rekening gaji. Jika ingin mudah, lakukan transfer autodebet ke rekening tabunganmu agar secara otomatis terpotong dari rekening gajimu.

    Agar lebih menguntungkan, pilih rekening tabungan yang tidak memiliki biaya administrasi atau biaya administrasi rendah. Jangan gunakan mbanking untuk rekening tersebut agar kamu tidak memiliki kemudahan dalam mengakses tabunganmu.

  • Pakai metode yang praktis

    Sesungguhnya saat kamu memiliki keinginan untuk menabung, tidak ada jumlah minimal tabungan yang harus kamu pakai. Lebih baik kamu memiliki target di awal, berapa tabungan yang ingin kamu dapatkan dalam jangka waktu tertentu. Utamakan yang tidak memberatkan dan usahakan minimal 10 persen dari gajimu dialokasikan untuk menabung.

    Kalau kamu masih sering menggunakan cash, kamu bisa memilih cara menabung menggunakan metode praktis berikut ini. Kumpulkan uang receh hasil kembalian belanja kamu mulai dari nominal 500 rupiah hingga 20 ribu rupiah. Masukkan ke dalam stoples kaca, galon bekas, atau tempat apapun yang sekiranya aman dari rayap dan kebakaran. Cara menabung ini terbilang praktis dan tidak akan memberatkan kamu sama sekali. Eits, tapi ingat, jangan tergoda untuk menggunakan uang yang sudah terkumpul untuk kebutuhan yang tidak mendesak yah!

  • Tabunglah bonusmu!

    Saat menerima gaji, biasanya setiap tahun ada kenaikan, bonus, komisi, ataupun Tunjangan Hari Raya atau THR dari perusahaan. Saat mendapatkan dana-dana seperti itu, jangan dijadikan sebagai dana untuk berfoya-foya, alih-alih kamu gunakan separuh untuk tabunganmu. Separuhnya lagi bisa kamu gunakan untuk kebutuhan saat hari raya, makan-makan bersama keluarga, membeli baju baru, dan lain sebagainya.

    Mendapatkan bonus bukan berarti memperbesar kesempatan untuk belanja hal yang tidak penting yah. Mendapatkan bonus justru kesempatan kamu untuk menambah pundi-pundi tabunganmu. Jadikan cara menabung ini sebagai langkah yang kamu ambil tiap tahunnya!

  • Jangan beli kebutuhan yang tidak penting

    Coba lihat keranjang belanja di akun marketplace kamu! Jangan kamu check out barang-barang yang ingin kamu beli, tetapi tidak memiliki kegunaan atau kepentingan khusus alias kamu tidak butuh. Dengan mengerem keinginan belanja, alokasi uang untuk menabung akan lebih besar.

    Pastikan semua kebutuhan yang kamu beli sesuai dengan prioritas kamu yah! Jangan pernah membeli sesuatu hanya karena gengsi semata saja, pastikan membeli sesuatu dengan pertimbangan matang dan bijak agar tidak menyesal mengeluarkan uang untuk mengonsumsi sesuatu.

Sesungguhnya menabung akan berhasil jika diiringi dengan disiplin dan komitmen yang tinggi. Bijak dalam menggunakan gaji yang kamu dapatkan di masa muda, akan membawa ketenangan hidup di masa tuamu. Pastikan semangat menabungmu tetap menyala agar tidak berhenti di tengah jalan yah demi masa tua yang lebih baik dan menentramkan!