Di dunia ini, ternyata masih banyak orang yang bingung antara biaya implisit dan eksplisit. Padahal, kedua biaya tersebut saling tolak belakang. Kira-kira di mana letak perbedaannya ya, Propers?

Diketahui, perbedaan utama biaya implisit dan eksplisit yaitu terletak pada penggunaannya. Di mana biaya implisit adalah biaya peluang, sedangkan biaya eksplisit adalah biaya yang perusahaan bayarkan.

Kalau Propers ingin mengetahui perbedaannya yang lebih rinci, mari simak ulasannya di artikel Propertree berikut ini.

Pengertian Biaya Implisit

Melansir dari laman Investopedia, biaya implisit atau implicit cost adalah biaya yang bersifat tidak wajib perusahaan keluarkan. Namun, biaya ini kemungkinan besar akan perusahaan keluarkan ketika proses produksi berlangsung.

Jenis biaya ini seringkali disebut sebagai biaya yang tidak terlihat. Sebab, didalamnya sama sekali tidak melibatkan proses pertukaran uang. Sehingga, tak heran jika biaya implisit tidak tercatat dalam laporan keuangan perusahaan.

Pengertian Biaya Eksplisit

Biaya eksplisit atau explicit cost adalah biaya yang sebelumnya sudah perusahaan ketahui selama proses produksi berjalan. Sederhananya, biaya ini keluar karena kewajiban perusahaan untuk melangsungkan proses produksi.

Dalam artian lain, biaya eksplisit seringkali dikatakan memegang peran penting. Sebab, proses produksi tidak akan berlangsung apabila biaya ini tidak cair.

Lantaran sifatnya tetap, biaya eksplisit sudah pasti masuk ke dalam rancangan keuangan suatu perusahaan.

Selain itu, biaya ini juga seringkali disebut biaya nyata karena langsung bersinggungan dengan proses produksi. Di mana biaya ini akan mempengaruhi berbagai hal, mulai dari harga jual, persentase keuntungan, hingga kerugian.

Perbedaan Biaya Implisit dan Eksplisit

Berdasarkan hasil riset yang telah Minpro lakukan, setidaknya ada lima perbedaan biaya implisit dan eksplisit yang penting Propers ketahui. Perbedaan itu terdiri atas:

1. Fungsi

Umumnya, biaya implisit dan eksplisit memiliki perbedaan yang signifikan berdasarkan fungsinya.

Fungsi biaya implisit tidak mengedepankan keuntungan perusahaan, namun hanya sebatas mendukung jalannya proses produksi. Terkadang, biaya ini bisa mengurangi keuntungan perusahaan karena sifatnya tak terduga.

Sementara biaya eksplisit berfungsi dalam menentukan besaran biaya produksi dan memperhitungkan keuntungan. Selain itu, biaya ini juga sering perusahaan manfaatkan untuk membantu laba ekonomi dan akuntansi.

2. Pencatatan Laporan

Suatu perusahaan, biasanya mencatatkan laporan keuangannya secara tahunan maupun bulanan.

Untuk perbedaan dari kedua biaya ini adalah biaya implisit tidak akan tercatat atau masuk dalam laporan karena memiliki sifat yang tidak terduga.

Sedangkan biaya eksplisit wajib perusahaan catat dalam laporan keuangan. Hal ini perusahaan lakukan sebagai bukti jika suatu saat terjadi kejanggalan.

3. Pelaporan ke Perusahaan

Dalam pelaporan kepada perusahaan, biaya implisit tidak bisa dilaporkan karena tidak tercatat dalam laporan keuangan. Berbeda dengan biaya eksplisit yang bisa dilaporkan ke perusahaan.

4. Kepastian

Seperti yang sempat Minpro singgung bahwa yang membedakan kedua biaya ini adalah kepastian. Dengan artian, biaya implisit tidak wajib perusahaan keluarkan karena sifatnya yang tak terduga.

Tentunya, hal ini berbanding terbalik dengan biaya eksplisit yang akan selalu perusahaan keluarkan demi keberlangsungan proses produksi.

5. Tujuan

Perbedaan yang paling terakhir yaitu dari segi tujuannya. Di mana biaya implisit seringkali perusahaan gunakan hanya untuk menghitung laba ekonomi saja.

Sedangkan biaya eksplisit yakni untuk menghitung laba akuntansi sekaligus laba ekonomi.

Itu dia beberapa pembahasan mengenai perbedaan biaya implisit dan eksplisit yang perlu Propers ketahui. Tentunya, Propers tidak akan bingung lagi jika ditanya apa saja perbedaannya biaya implisit dan eksplisit, bukan?

Apabila Propers ingin mengakses pembahasan menarik lainnya seputar keuangan, bisnis, hingga investasi yang paling update, silahkan kunjungi blog Propertree!

Semoga artikel ini bisa membantu Propers!

Baca Selengkapnya: Biaya Implisit Adalah: Pengertian Hingga Cara Menghitungnya

Penulis: Dhea Alvionita