Rumah dan mobil adalah aset yang penting dalam kelangsungan hidup. Mungkin sebagian orang akan mendahulukan membeli kendaraan pribadi dengan berbagai pertimbangan. Misalnya, kendaraan pribadi di butuhkan agar tetap bisa menjangkau kantor dan bepergian dengan lebih nyaman.

Sebagian lagi akan berpendapat, rumahlah yang lebih penting untuk didahulukan pembeliannya. Karena, harga rumah akan terus meningkat di kemudian hari dan rumah merupakan tempat tinggal atau tempat beristirahat. Menunda pembelian akan membuat semakin sulit memiliki rumah.

Lalu, mana sih yang lebih penting beli rumah atau mobil?

Keduanya memiliki satu kesamaan yaitu harganya yang terlampau mahal. Hal ini yang membuat beberapa orang harus memilih antara rumah atau mobil. Kecuali, jika kamu adalah orang kaya atau memiliki banyak uang maka kamu pasti bisa membeli keduanya.

Nah, supaya tidak bingung, ada cara paling mudah untuk membantu menentukan manakah yang lebih penting didahulukan untuk dimiliki. Yaitu, mempertimbangkan lagi pada kondisi dan situasi kemampuan dan kebutuhan seperti berikut.

1. Beli Rumah atau Mobil Tentukan Kemampuan Budgetnya

Cek berapa budget yang sudah tersedia untuk membeli salah satu dari dua aset berharga ini. Apakah cukup untuk membeli rumah atau mobil, atau bahkan keduanya. Pastikan juga budget itu cukup untuk membeli secara tunai atau harus mencicil. Jika harus mencicil pastikan juga kamu mampu untuk membayar cicilan setiap bulannya.

2. Tentukan Mana Yang Jadi Kebutuhan Primer

Keduanya terbilang sama-sama penting. Namun, jika di pikirkan kembali rumah merupakan tempat peristirahatan yang nyaman, sedangkan mobil hanya untuk moda transportasi yang memudahkan kamu saat bepergian. 

3. Cek Harga Rumah dan Mobil Dalam 5 Tahun Kedepan

Harga rumah cenderung naik dari tahun ke tahun. Jadi akan lebih menguntungkan kalau membeli rumah mulai dari sekarang. Sebab, dalam kurun waktu 5 tahun mendatang harganya pasti naik sekitar 5%. Sedangkan mobil, harganya cenderung turun setiap tahun. Apalagi kalau semakin lama dipakai, maka harganya semakin turun meskipun kamu merawatnya dengan sangat baik.

4. Cari Alternatif Yang Tersedia

Jika memang kamu belum mempunyai budget yang cukup untuk mempunyai salah satu atau keduanya kamu bisa mencari alternatif lain yang bisa memberikan kemudahan. Keduanya sama-sama punya alternatif yang bagus sebagai bahan pertimbangan. Alternatif rumah bisa berupa kontrakan, apartemen, atau kos-kosan. Sementara untuk mobil ada transportasi umum, seperti angkot, kereta, busway, dan ojek online dengan tarif yang terjangkau.

Jadi, dari pertanyaan kamu untuk beli rumah apa mobil dulu sudah dapat dipastikan  jawabannya adalah lebih baik membeli rumah terlebih dulu. Selain rumah merupakan tempat peristirahatan yang nyaman, harga rumah dari tahun ke tahun semakin mahal. 

Sedangkan, harga mobil akan turun drastis dan kamu bisa menggunakan transportasi umum yang mudah, nyaman serta harganya yang terjangkau. Sekarang kamu sudah tau harus beli rumah atau mobil dulu kan!