Penggunaan paylater kian marak di kalangan masyarakat dan mulai menggantikan kartu kredit. Paylater adalah metode untuk mencicil pembayaran ketika membeli sesuatu melalui platform. Kurang lebih metode ini sama saja seperti kartu kredit dengan sistem yang lebih mudah dan praktis.

Meskipun terdengar menggiurkan, perlu diingat bahwa adanya fitur paylater adalah untuk memudahkan konsumen dalam membeli kebutuhan yang mendesak. Sebagai pengguna yang bijak, kamu harus memahami apakah cocok atau tidak untuk menggunakannya.

Apakah kamu termasuk dalam tipe yang cocok atau tidak cocok untuk menggunakan paylater? Berikut ini adalah beberapa tipe orang yang ideal dan tidak ideal untuk menggunakan paylater di dalam kesehariannya.

Tipe Orang yang Cocok Menggunakan Paylater

1. Butuh Dana Mendadak

Kemudahan yang diberikan oleh paylater akan sangat berguna bagi kamu yang kerap membutuhkan dana mendadak. Kamu bisa menggunakan paylater untuk berbagai transaksi, termasuk untuk transaksi mendesak, seperti: pembelian tiket (kereta, bus, pesawat), membeli pulsa, membayar tagihan, dan yang lainnya. 

2. Pemburu Promo

Paylater juga termasuk sebagai alat pembayaran. Buat kamu yang suka memburu promo kamu cocok menggunakan paylater, karena biasanya platform paylater sering dan banyak memberikan promo. Tetapi tetap ingat untuk menggunakannya hanya sesuai kebutuhan.

3. Orang Dengan Mobilitas Tinggi

Jika kamu adalah seseorang yang melek akan teknologi paylater ini cocok kamu gunakan karena kamu bisa menggunakan paylater di mana saja dengan mudah, bahkan ketika sedang bepergian ke luar kota atau bahkan ke luar negeri. Semua transaksi bisa dilakukan dengan cepat melalui ponsel saja. 

Tipe Orang yang Sebaiknya Menghindari Paylater

1. Tidak Memiliki Penghasilan Tetap

Paylater sama saja dengan pinjaman yang mana harus dibayarkan pada jangka waktu tertentu, maka dari itu kamu harus sudah memiliki penghasilan tetap agar bisa membayar tagihan paylater kamu pada waktu yang sudah ditentukan.

2. Liburan Tanpa Uang

Paylater bisa kamu gunakan untuk membeli berbagai kebutuhan, bahkan kamu juga bisa membeli tiket untuk liburan. Namun jika memakainya untuk membiayai liburan saat tak punya uang dan tanpa rencana pembayaran yang tepat, kamu bisa saja mengalami gagal bayar yang bisa membuat riwayat kredit menjadi buruk.

3. Kondisi Keuangan Belum Stabil

Jika kamu memiliki kondisi keuangan yang belum aman atau kamu belum memiliki penghasilan tetap, maka jangan menggunakan paylater. Penggunaan paylater ini akan menjadi hutang, di mana kamu harus membayar kembali sesuai perjanjian. 

Itulah pembahasan tentang paylater serta tipe-tipe orang yang cocok maupun tidak cocok untuk menggunakan paylater. Paylater memang memberikan kemudahaan dalam keuangan. Tetapi, perhatikan juga penggunaanya agar tidak menjadi beban hutang di kemudian hari.