Di dunia saat ini, uang adalah segalanya. Semua hal membutuhkan uang agar hidup menjadi lebih enak dan nyaman. Menjadi kaya raya, seolah menjadi impian dan target semua orang agar mampu memenuhi semua keinginannya. 

Sayangnya, tidak ada cara praktis dan cepat untuk menjadi kaya raya. Kebanyakan orang yang sukses secara finansial melalui proses panjang dan membutuhkan kerja keras, kesabaran, dan perencanaan yang baik. 

Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa dibilang “instan” dalam mendapatkan uang sehingga mengantarkan kamu menjadi orang kaya raya. Misalnya saja kamu menikah dengan orang kaya raya yang mungkin saja jodohmu. Maka hidupmu akan berubah dalam sekejap dan kamu bisa menikmati semua kenikmatan dunia. 

Sayangnya, kebanyakan itu hanya cerita dongeng, alias sulit terwujud. Memang banyak orang kaya di luar sana yang mencari jodoh, tetapi bukan berarti mereka mau dengan kamu loh!

Cara lain yang terbilang instan adalah kamu mendapatkan warisan dari orangtuamu yang kaya raya. Dengan mendapatkan warisan yang banyak, kamu akan menjadi orang kaya mendadak. 

Nah daripada kamu berandai-andai untuk hal yang sepertinya jauh dari kata mungkin, lebih baik kamu mempersiapkan diri menjadi orang kaya. Meskipun membutuhkan waktu yang tidak sebentar, kamu akan mempelajari dan menemukan banyak hal sebelum menjadi kaya raya. Dijamin selain kaya raya, kamu juga akan kaya akan pengalaman dan pengetahuan. 

Cara Cepat Jadi Kaya Raya

  1. Belajar atau Pelatihan

    Mengapa belajar atau mengikuti sebuah pelatihan dapat membuat kamu kaya raya? Bayangkan, kamu menghabiskan uang semisal 10 Juta Rupiah untuk mengikuti kursus pelatihan komputer seperti Topologi Jaringan, Cloud Computing, Pemrograman Android. Setelah lulus dari pelatihan tersebut, kamu bekerja di sebuah perusahaan dengan gaji per bulan 5 Juta Rupiah.

    Artinya kamu akan balik modal atau Break Even Point (BEP) dalam waktu 2 bulan saja, setelah dua bulan kamu bekerja, gaji kamu akan menjadi cuan. Bayangkan bisnis mana yang bisa memberikan balik modal dalam waktu 2 bulan saja? Bahkan, franchise pom bensin pertamina pun menjanjikan balik modal dalam waktu kurang lebih 3 tahun!

  2. Atur pengeluaran dan tabung

    Kamu harus mulai mengatur pengeluaran dan menabung sebanyak mungkin dari pendapatan bulananmu. Menabung ibarat pondasi kekayaanmu. Dengan demikian, tabunganmu akan membantu kamu membangun dasar keuangan yang kuat.

  3. Investasikan uang

    Kamu wajib untuk belajar dan berinvestasi dalam hal-hal yang kamu minati dan pahami, seperti saham, reksa dana, atau properti. Cara terbaik dalam menabung adalah dengan melakukan investasi karena menabung di bank akan terkena berbagai biaya seperti biaya admin kartu dan rekening. Pilihlah investasi yang paling cocok dengan keuanganmu. Jangan masukkan telur dalam satu keranjang, alias buat diversifikasi investasi agar keuanganmu aman dan kuat.

  4. Bekerja keras dan fokus

    Tetapkan tujuan finansialmu. Dengan demikian kamu akan terus bekerja keras dan fokus pada tujuan yang akan membantu kamu mencapai kesuksesan finansial. Jangan tergiur dengan berbelanja secara impulsif, belilah sesuatu sesuai dengan kebutuhanmu.

  5. Belajar dan berkembang

    Upayakan untuk terus memperluas dan memutahirkan pengetahuan kamu mengenai keuangan dan bisnis. Semua ini  akan membantu kamu dalam membuat keputusan yang lebih baik dan menemukan peluang baru dalam menghasilkan uang.

  6. Bekerja sambilan

    Bonus untuk kamu!
    Jika kamu memiliki banyak pengeluaran, ada baiknya agar kamu menambah pemasukan. Mulailah dengan mencari pekerjaan sambilan yang bisa menambah pemasukanmu setiap bulannya. Alokasikan gaji dari pekerjaan sambilan itu untuk kebutuhan investasi atau tabungan. Kamu bisa mulai dari bekerja sambilan secara online yang saat ini bisa ditemukan di berbagai situs.

Ingatlah bahwa menjadi kaya raya memerlukan waktu dan usaha. Jangan terjebak dalam skema cepat kaya yang tidak bertanggung jawab. Kebanyakan dari skema tersebut biasanya tidak berhasil dan bahkan dapat merugikan keuangan kamu. Usahakan untuk menggunakan uangmu dengan bijak agar menjadi orang kaya yang bertanggung jawab ya!