Pernahkah sobat Propers di ghosting uang sendiri? Jika merasa bahwa uang yang dimiliki tiba-tiba datang dan pergi begitu saja alias cepat habis atau baru gajian tapi uangnya gak keliatan sama sekali, itu tandanya sobat Propers sudah di-ghosting sama uang sendiri, lho.

Buat yang belum tahu, ghosting merupakan istilah kekinian yang biasa genarasi muda gunakan untuk menggambarkan orang yang tiba-tiba muncul dan tak terlihat lagi seperti hantu. Istilah ghosting ini bukan ditunjukkan untuk orang saja, ternyata di keuangan pun juga berlaku.

Nah, untuk menghindari hal tersebut berikut cara agar tidak di-ghosting sama uang sendiri. Yuk simak baik-baik ya, sobat Propers!

1. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan

Platform belanja online atau e-commerce saat ini menjadi pilihan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Banyaknya diskon pastinya akan membuat orang tertarik untuk membelinya kan? Boleh belanja, tapi sesuaikan sama kebutuhan dan tidak berlebihan ya, sobat Propers! Ingat, jangan sampai semua uangmu habis atau bahkan terlibat hutang hanya untuk belanja online.

2. Buat anggaran secara detail 

Pembuatan anggaran atau budgeting sangat penting untuk mengelola keuangan, namun hal ini sering banyak orang lupakan. Tuliskan semua kebutuhan secara detail lengkap dengan harganya, agar memiliki gambaran berapa jumlah uang yang harus keluar. Dengan membuat anggaran keuangan dapat membantu untuk menjaga kesehatan uang Anda, lho.

3. Jauhi persaingan gaya hidup

Sebaiknya, hindari persaingan gaya hidup yang menonjolkan kemewahan, kesenangan dan berfoya-foya karena itu semua hanya akan membuat orang semakin boros. Cobalah untuk memulai hidup lebih sederhana sesuai dengan kemampuan masing-masing. Jauhi keinginan untuk menggunakan barang-barang yang tidak penting demi untuk mengikuti trend.

Nah, itulah 3 cara agar tidak di-ghosting sama uang sendiri. Yuk, mulai saat ini lebih perhatian lagi sama kesehatan keuangan Anda. Selamat mencoba sobat Propers!